Cara Foto Pre-Wedding Yang Murah, Keren, Estetik, dan Berkualitas


Foto Pre Wedding  memang momen yang cukup spesial sebelum kalian melakukan pernikahan bukan? Semua orang yang ingin melangsungkan pernikahan, pastinya ingin melakukan Pre Wedding lebih dulu. Foto Pre Wedding juga bukanlah hal yang baru di Indonesia, semua sudah tidak asik lagi dengan istilah ini dan mungkin sudah menjadi ritual wajib sebelum upacara pernikahan dilaksanakan. 

man and woman kissing on brown sand during night time

Banyak juga orang yang sudah menawarkan semua fasilitas untuk pre wedding mulai dari foto, make up, wardrobe, kamu tinggal datang dan foto saja semua beres. Tapi untuk paket tersebut bisa dibilang cukup mahal karena kamu tidak perlu cape cape mencari banyak hal, tinggal serahkan konsep dan semua bisa siap. Untuk kamu yang mencari dengan biaya murah, jangan menggunakan paket tersebut. 

Konsep serta Biaya Yang Mahal? Bisa diatur biar Murah kok!

Berbagai konsep konsep pre wedding pun sudah bisa kamu temukan di internet. Pasti banyak konsep yang sudah ada di wishlist kamu, tetapi ada beberapa dari kamu yang masih terkendala dengan biaya. Kita semua mengerti dan tau bahwa pernikahan memang membutuhkan biaya yang cukup besar.

Mulai dari persiapan pre wedding, sewa gedung, katering, photo, event organizer dan lain lainnya membutuhkan biaya yang cukup besar. Pastinya kamu ingin pre wedding yang hemat secara anggaran tetapi ingin hasil yang bisa dibilang mahal dan mewah bukan? Bisa gak sih? Bisa dong!

man and woman in white long sleeve shirt walking on green grass field during daytime

Jika kamu kreatif dan pintar untuk mengeksplorasi, kamu pasti akan menemukan banyak tips dan trik yang sudah di bagikan oleh pasangan yang sudah melewati pernikahan dengan biaya yang murah. Kamu sudah datang di konten yang tepat, disini kami akan ngasih info info biar kamu bisa hemat di Pre wedding kamu!

Tips dan Trick Pre Wedding Murah

Tentukan Biaya Anggaran

person writing on white paper

Menentukan biaya anggaran adalah hal paling utama yang harus dilakukan agar tidak terjadinya kelebihan biaya. Perkirakan dan diskusikan dengan pasangan berapa yang akan kamu keluarkan untuk pre weddingmu. 

Buat Konsep Yang Keren!

woman in white dress standing on boat during daytime
Foto menggunakan Kemeja dan Baju Biasa

Setiap Pre Wedding mempunyai konsep yang berbeda dan pastinya selalu menarik. Kamu dan pasanganmu harus bisa untuk mencari konsep pre wedding yang tepat dan sesuai dengan kalian berdua tentunya. 

Jika tidak bisa mencari ide yang bagus, mungkin kami bantu sarankan bisa dengan hobi atau pekerjaan? Misalkan, jika pasanganmu menyukai Bola, kalian bisa menggunakan jersey bola atau jika pasanganmu menyukai Boyband Korea, kamu bisa menggunakan foto foto serta poster yang di print dari Google. Jika tentang pekerjaan, misalkan pasanganmu bekerja di proyek, kamu bisa menggunakan helm dan rompi proyek untuk konsepnya.

Memilih Lokasi yang Tepat dan Dekat

man and woman sitting on grass field during sunset
Foto Pre Wedding di Sawah/Kebun/Taman

Pemilihan lokasi adalah hal yang paling diperhatikan pada saat ingin foto pre wedding. Jika lokasi yang kamu pilih tidak menarik, maka akan sulit untuk mendapatkan foto yang bagus. Maka dari itu, usahakan kamu bisa mencari dan mendapatkan tempat yang menarik dan pastinya dekat dari lokasi kamu dan pasangan. Misal konsep kamu adalah tentang suasana korea, pasti tidak mungkin kamu mencari tempat yang kumuh. Pasti kamu akan mencari tempat yang bersih dan keren karena di Korea pun bersih dan keren bukan? Nah itu yang dinamakan lokasi yang tepat.

Selain lokasi yang tepat, kamu juga pasti mencari yang terjangkau atau murah betul? Betul dong. Oleh karena itu kamu tidak perlu mencari lokasi yang jauh karena pasti akan memerlukan biaya transportasi yang besar juga. Pilih saja tempat hits yang dekat dengan lokasi kamu dan pasangan. Misalnya di dekat rumah kamu ada air terjun, nah kamu bisa coba foto disana. Bisa cafe, taman kota, stasiun, pusat kota, museum, ataupun di rumah kamu pun juga bisa. Hal yang penting adalah cari yang dekat dan terjangkau. Tidak perlu ke Bali untuk pre wedding jika kamu ingin menghemat anggaran, buat Bali versi kamu sendiri di tempat yang akan kamu tuju. 

Jangan sewa photographer professional

Punya teman yang punya kamera dan bisa fotografi? Ini bisa menjadi solusi buat kamu yang sedang menghemat anggaran. Kamu bisa coba bernegosiasi dengan teman kamu supaya siapa tau teman kamu memberi harga yang bersahabat atau bahkan bisa gratis jika kamu pintar nego. 

Mungkin kamu bisa bertukar jasa, kamu bisa mempromosikan teman kamu yang punya bisnis dan teman kamu bisa menjadikan foto kamu sebagai portofolio bisnisnya. 

Tetapi jika kamu bisa melakukan fotografi, kamu tinggal menyewa kamera sekaligus tripod. Jika kamu ingin sangat menghemat, kamu bisa meminjam kamera temanmu atau menggunakan smartphone kamu sendiri.

Jangan Sewa MUA (Make Up Artist) agar kamu bisa hemat!

selective focus photography of eyeshadow palette

Untuk kamu yang bisa make up, baik laki laki maupun perempuan. Disinilah waktunya kemampuan kamu dibuktikan jika kamu ingin sangat hemat anggaran. Make up sendiri adalah salah satu pilihan yang kamu bisa lakukan. Walaupun akan jadi sangat lelah, tapi untuk menghemat anggaran harus perlu untuk berani mengeluarkan energi yang lebih.

Tapi, jika kamu tidak mau ataupun tidak bisa make up sendiri, cari dari teman teman kamu dan pasangan yang bisa melakukan make up. Disini juga kamu harus pintar untuk mendekati serta bernegosiasi dengan teman kamu. Pastinya kamu ingin harga yang sangat murah dari temanmu bukan? Tapi pikirkan juga energi serta make up yang akan dia keluarkan, jangan sampai hubungan pertemanan kamu rusak hanya karena kamu ingin harga yang murah ya.

Jangan beli dresscode atau kostum yang mahal

man in black thobe sitting on sidewalk during night time
Foto Pre Wedding dengan Pakaian Seadanya

Dresscode dan kostum adalah faktor yang cukup berpengaruh dalam foto pre wedding. Tapi jangan sampai kamu membeli atau menyewa dresscode yang mahal seperti gaun, atau kostum kostum lainnya. 

Kamu dan pasangan mungkin bisa mencari baju dan kostum murah di e-commerce atau kamu juga bisa meminjam ke teman teman kamu jika kamu tidak mempunyai pakaian yang sesuai dengan tema konsep kamu. 

Perhatikan Waktu Momen Pre Wedding

5 Pre Wedding Concept Ideas 2018

Hal yang mendasar adalah pemilihan waktu untuk pemotretan. Jika kamu dan pasangan ingin menghemat anggaran pre wedding, kamu harus memilih waktu pemotretan di Pagi – Sore hari. Jangan memilih konsep foto senja atau malam hari dikarenakan kamu akan mengeluarkan budget lagi untuk pencahayaan. 

Pagi – Sore hari adalah waktu pencahayaan yang terbaik karena masih adanya matahari yang menerangi bumi. Mungkin jika kamu mau lebih bereksplorasi, kamu bisa mencoba foto pada saat Matahari Terbit dan Matahari Tenggelam. 

20 Unique prewedding shoot ideas you should try - LoveweddingsNG

Berikut adalah kesimpulan yang mimin berikan untuk kamu dan pasanganmu dapat hemat dalam prosesi pre wedding

  • Tentukan anggaran pre wedding kamu, misalkan 1 Juta Rupiah
  • Cari konsep yang murah dan keren
  • Cari lokasi yang keren tapi terjangkau seperti jalan kota, rumah, taman.
  • Gunakan kamera smartphone atau cari relasi teman fotografer
  • Make up sendiri, tunjukkan dan latih kemampuan kamu.
  • Jangan sewa gaun, pakai konsep dengan pakaian yang kamu mudah dapatkan
  • Foto di siang – sore hari.

Nah itulah beberapa tips untuk kamu agar bisa hemat anggaran pre wedding kamu. Semangat ya! Jangan buru buru, lakukan semua dengan perlahan dan penuh perhitungan.